Rabu, 21 Oktober 2015

BalanganSayang

Balangan


Saya yakin kalian semua ga tau dimana itu Balangan, iya kan? Maka dari itu saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai balangan. Balangan, terdiri dari delapan huruf. Merupakan kebupaten yang bisa di bilang masih baru, karena baru berumur 12 tahun yang diresmikan tanggal 8 April 2013. Balangan merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten Amuntai. Balangan memiliki moto, yaitu "sanggam" atau sanggup bagawi gasan masyarakat(sanggup kerja untuk masyarakat).

Balangan terdiri dari beberapa kecamatan yang memili ciri khas masing-masing. Seperti ini :
1. Kec. Batumandi
    Terkenal akan buah tiwadak (cempedak) dan juga mandainya. FYI : mandai itu kulit cempedak yang di kupas kulit luarnya trus daging dalamnya di ambil dan di rendam di air garam agar awet.
2. Kec. Halong
    Terkenal akan buah pisangnya serta kec. yang paling luas di kab. Balangan.
3. Kec. Juai
    Ini adalah kec. tempat saya tinggal. Terkenal dengan waluh(Labu)nya.
4. Kec. Awayan
    Terkenal akan wisatanya.
5. Kec. Lampihong
    Terkenal dengan gula merahnya.

6. Kec. Paringin
    Merupakan pusatnya Balangan.
7. Kec. Paringin Selatan
8. Kec. Tebing Tinggi
    Penduduknya terdiri suku Banjar
Hulu dan Dayak Pitap .
Sektor pendapatan Balangan berasal dari karet, sawit, dan tambang batu bara. Kalau kalian liat di google maps, tambangnya bahkan lebih besar dari kotanya. Tambang yang di miliki oleh PT. Adaro Indonesia.
Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani karet. Bukan berarti petani karet itu miskin loh ya. Bekerja sehari cuma sekitar 2 sampai 4 jam, tergantung luas lahan. Pendapatan bisa perhari atau tiga hari, bahkan ada yang sampai satu bulan baru di jual. Penghasilan petani karet sebenarnya lebih besar dari pegawai PNS. Yang membuat PNS kelihatan lebih hanyalah seragamnya saja.

Galeri Balangan
Aruh Adat Baharin

Pisang Talas
Labu
Cempedak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar